Wednesday, September 7, 2016

Pelayanan pajak kendaraan gak sampai 10 menit

Rabu 7 September 2016



Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya membayar pajak kendaraan bermotor.. saya pagi ini berangkat ke kantor samsat kota jogja yang terletak di selatan pingit jogja.. sebelah barat kantor ditlantas polda diy. Nah saya sesampai disana pukul 7.15 wib dan langsung dapet antri nomer 4. Memang pagi ini antrian cukup banyak mengingat banyak warga yang antusias membayar pajak melalui loket pelayanan cepat ini.

Loket pelayanan pajak kendaraan bermotor ini semacam pelayanan di bank. Jadi ketepatan dan kecepatan pelayanan pajak memang di nomer satukan..

Untuk syarat membayar pajak kendaraan tahunan disini, yaitu,
- membawa BPKB asli
- STNK asli
- kartu identitas diri asli

Nah yang saya garis bawahi disini, untuk kartu identitas diri asli tidak harus menggunakan KTP, tapi boleh membawa SIM asli.. yang terpenting nama + alamat kartu identitas asli sama dengan nama + alamat Identitas di STNK dan BPKB. Ini yang saya sukai. Jadi semisal gak bawa KTP ya SIM juga boleh.. asal jangan membawa surat hutang surat bon dll hahahaha (bercanda).

Pelayanan pajak disini di buka tepat jam 08.00wib. karna saya dapat antrian nomer 4, saya langsung dipanggil berurutan sampai nomer 20. Setelah itu berhenti karena petugas pajak samsat mengecek dan mensingkronkan data.. (entah apalah namanya).

Tak sampai 8 menit saya langsung dipanggil untuk melakukan pembayaran. Setelah antri tentunya.. nah yang digaris bawahi disini pelayanan cukup cepat gak sampai 10 menit.. mulai dari di panggil untuk masukkan syarat2 pajak kendaraan sampai melakukan pembayaran. Cukup cepat memang..

Bagi teman2 keluarga atau siapa saja yang ingin membayar pajak kendaraan (yang terpenting kendaraan nya Plat AB, karena sampai saya menulis artikel ini, belum ada regulasi atau aturan yang mengatur pajak kendaraan luar daerah. Misal plat B membayar pajak di area DIY, belum bisa).

Setelah saya selesai membayar pajak, dari petugas di berikan plastik untuk wadah Stnk nya. Jadi tak perlu repot2 membeli di luar area samsat. Ini diberikan gratis dan baru.

Monggo rekan2 membayar pajak kendaraan di samsat Kota Jogja. Yang menurut saya loket semacam ini baru ada 1 tempat di area DIY. cepat dan tidak menghabiskan waktu terlalu lama.....


No comments:

Post a Comment

Pembukaan Pameran Seni Kriya 2018

Kapolda D.I.Yogyakarta Brigjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si menghadiri pembukaan Pameran Seni Kriya 2018 "Jogja Fashion and Craft"...