Tuesday, August 8, 2017

Pembukaan PPSMB UGM 2017

Rektor Universitas Gadjah Mada Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D. Eng., mengatakan bahwa UGM bangga menerima mahasiswa baru. Menurutnya, para mahasiswa baru ini adalah generasi muda unggulan yang terpilih diantara lebih dari 200ribu pendaftar UGM.


"Dari jumlah pendaftar tersebut merupakan 3,9% dari pendaftar S1 dan 9,4% terbaik dari pendaftar program diploma," kata Prof Panut dalam sambutannya di dalam pembukaan Pelatihan Pembelajaran Sukses  Mahasiswa Baru (PPSMB), di lapangan Grha Sabha Buana UGM, senin (7/8/2017).


Dalam acara pembukaan PPSMB UGM tahun 2017 ini tampak hadir Menteri Sekretaris Negara Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc., Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., Gubernur Jawa Tengah yang juga sebagai Ketua Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) H. Gandjar Pranowo, S.H., Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si., Majelis Wali Amanat UGM, Para Dekan UGM dan 9250 orang mahasiswa Baru UGM angkatan 2017.


Menurut Prof Panut, UGM sebagai universitas tertua dan terkemuka di Indonesia, lahir dan berkembang bersama sejarah bangsa. UGM mengikuti jati diri sebagai Universitas Nasional, Universitas perjuangan, Universitas Pancasila, Universitas kerakyatan, dan Universitas pusat kebudayaan.


"Rangkaian kegiatan PPSMB ini adalah perwujudan dari jati diri tersebut diri tersebut. Kita yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia mewakili seluruh provinsi di Indonesia bersatu disini di lapangan Pancasila," tegas Prof. Panut.


Prof. Panut berujar, selama 6 hari kedepan para mahasiswa baru ini akan dikenalkan dengan nilai-nilai ke UGM an. Nilai-nilai ke Indonesia an, pengenalan sarana prasarana akademik, dan materi-materi terkait soft skill.


"Dalam tahun-tahun selanjutnya di UGM Saya berharap kita dapat berproses bersama sehingga adik-adik semua menjadi insan yang unggul dan cerdas di bidang akademik dan sosial, tangguh, terampil inovatif, dan mampu berpikir jauh kedepan," harap Prof. Panut.


"Jika selama ini kita semua mendengar tentang kebesaran UGM, hal ini salah satunya karena prestasi dari mahasiswanya,  (dan) tentu karena prestasi para alumninya," sambungnya.


Prof. Panut bersama akademisi UGM mengajak adik-adik untuk selalu membawa nama baik UGM di setiap tindakannya dengan berprestasi dengan setinggi-tingginya, dan harus mampu menjadi role model bagi setiap unsur bagi masyarakat di sekitarnya.


"Saya ucapkan selamat anda menjadi bagian UGM, Kami yakin dengan bergabungnya adik-adik di Universitas ini, UGM akan menjadi universitas yang makin berkontribusi bagi bangsa dan negara, dan lebih dikenal masyarakat dan dunia," katanya mengakhiri sambutan.


Dalam Pembukaan PPSMB UGM th 2017 ini dimeriahkan dengan atraksi Jupiter Acrobatic Team, Terjun Payung TNI Polri, peragaan berbagai macam Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan UGM, serta teatrikal Patih Gadjah Mada saat mengucap Sumpah Palapa pada masa lampau.


No comments:

Post a Comment

Pembukaan Pameran Seni Kriya 2018

Kapolda D.I.Yogyakarta Brigjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si menghadiri pembukaan Pameran Seni Kriya 2018 "Jogja Fashion and Craft"...