Saturday, May 20, 2017

Berantas Sarang Nyamuk, Dokkes Polda DIY Lakukan Fogging

Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk. Pemberantasan sarang nyamuk sendiri dengan maksud mencegah penyakit demam berdarah Dengue (DBD).


Ditemui di sela-sela fogging (Pengasapan)  AKP Estiqomah selaku Ketua Tim Fogging mengatakan kepada pewarta Tribrata News kegiatan ini rutin dilakukan dua kali dalam sebulan.


"Sejak bulan Februari kemarin, kita laksanakan fogging. 2 (dua) kali sebulan kita rutin mendatangi Polres, maupun asrama Polri", terang Estiqomah di sela sela Fogging di Mapolda DIY, sabtu (20/05/2017).


"Disamping itu juga hal yang mendasari pelaksanaan fogging itu karena ada kejadian di SPN selopamioro. Waktu itu ada salah satu istri anggota Polri yang berdinas di SPN selopamioro terkena demam berdarah dengue. Inilah juga kita rutin laksanakan fogging untuk mencegah nyamuk semakin menyebar", ujarnya.


AKP Estiqomah menambahkan, selain Fogging, dilaksanakan pula kerja bakti membersihkan di Asrama Brimob maupun asrama di Polres Polres.


"Selain fogging kita juga menyebar leaflet yang isinya cara mencegah demam berdarah dengue dan juga menyerahkan abate untuk ditaburkan ke bak penampungan air. Serta mensosialisasikan cara 3M (menutup tempat penyimpanan air, menguras bak mandi, dan mengubur barang barang yang tidak terpakai)", sambung Estiqomah yang juga menjabat sebagai Kepala Urusan Pelayanan Kesehatan (Kaur Yankes).


Akp Estiqomah menghimbau kepada warga Asrama agar semakin peduli dengan lingkungan. Antara lain membersihkan lingkungan dan bersikap sigap jika ada anggota keluarga yang ciri-cirinya menunjukkan gejala demam berdarah seperti demam terus-menerus, suhu badan 39 sampai 40 derajat Celcius, sakit kepala, demam tanpa disertai Batuk,sakit perut, atau mual serta muncul bintik titik titik.


"Jika muncul gejala seperti itu saya harap agar segera konsultasikan ke dokter', tegas Estiqomah mengakhiri wawancara.


Penulis : @dhenyyn


No comments:

Post a Comment

Pembukaan Pameran Seni Kriya 2018

Kapolda D.I.Yogyakarta Brigjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si menghadiri pembukaan Pameran Seni Kriya 2018 "Jogja Fashion and Craft"...